Jumat, 05 Desember 2008

JATI DIRI MERPATI PUTIH

Sesuai dengan lambangnya, MERPATI PUTIH sebagai lambang perdamaian maka PPS BETAKO MERPATI PUTIH mendasarkan diri pada prinsip cinta damai. Namun kedamaian di MERPATI PUTIIH dilandasi kekuatan untuk membela diri bila perdamaian diinjak. Nama MERPATI PUTIH adalah singkatan dari MERSUDI PATITISING TINDAK PUSAKANE TITISING HENING yang secara singkat mempunyai arti MENCARI KEBENARAN SAMPAI MENDAPATKANNYA DENGAN JALAN KETENANGAN. Arti ini sekaligus menjadi filsofi dan jiwa anggota. Untuk itu dilam MERPATI PUTIH di tumbuhkan sikap watak dan perilaku untuk dapat memahami akan fungsi dan kedudukan dirinya detengah-tengah lingkungan dan mempunyai kekmampuan mewarnai lingkungannya untuk lebih maju. Maka sebagai pedoman sikap dan tingkah laku sehari hari dikenal TRI PRASETYA yang diucapkan pada saat pembukaan dan penutupan latihan, sebagai janji anggota, yang perbunyi :

1.Taat dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.Mengabdi dan berbakti kepada Nusa Bangsa dan negara Republik Indonesia.
3.Setia dan taat pada Perguruan.

Jiwa, arti, prinsip dan tujuan MERPATI PUTIH diwujudkan dalam lambang sebagai berikut :
1.Bentuk perisai segi lima melukiskan dasar negara RI yang sekaligus menjadi azaz MFERPATI PUTIH yaitu pancasila.
2.Telapak tangan menghadap kedepan dengan empat jari tegak, ibu jari diliipat kedalam, melukiskan semangat perjuangan dan semangat kebersamaan untuk mencapai tujuan yang suci mandiri.
3.Burung MERPATI PUTIH sedang terbang melebarkan sayap sambil menoleh ke kanan dengan kepala sedikit menunduk melukiskan MERPATI PUTIH cinta damai dan berjiwa prikemanusiaan yang adil dan beradab.
4.Tulisan MERPATI PUTIH dengan warna merah diatas pita merah putih menggambarkan keberanian yang kuat untuk memahami hidup dalam kehidupan.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar